Kamis, 26 Juli 2012

Dishub Kota Batam Cabut Izin 6 Operator Taksi


Dinas Perhubungan Kota Batam, Kepulauan Riau, selama tahun 2012 ini, telah mencabut izin enam operator taksi karena tidak memiliki kantor dan manajemen jelas.

"Mereka terpaksa kami cabut izinnya karena tidak memiliki manajemen dan kantor yang jelas sesuai dengan ketentuan," kata Kepala Dinas perhubungan (Dishub) Batam Zulhendri di Batam, Rabu (25/7).

Pencabutan izin tersbeut, kata Zukhendri, sesuai dengan Keputusan Menteri Perhubungan (Kepmenhub) Nomor 35 Tahun 2003 tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang di Jalan Raya dengan Kendaraan Umum.

Selain itu, pencabutan izin dilakukan juga karena para supir taksi tersebut tidak memiliki kartu identitas pengemudi (KIP), yang disyaratkan bagi setiap perusahaan taksi.

Zulhendri mengatakan, penetapan kebutuhan kendaraan angkutan umum nontrayek, khususnya taksi, juga sudah tercantum dalam Surat Keputusan Wali Kota Batam No.220/2011.

"Untuk mendapatkan KIP harus bergabung menjadi anggota dulu. Syarat lainnya juga harus ada surat rekomendasi dari perusahaan. Tetapi yang enam itu (armada taksi, red) sudah tidak ada lagi manajemennya," kata dia.

Ia mengatakan, sebelum enam operator taksi tersebut dicabut, di Batam ada 26 operator taksi. Sebanyak 20 operator sisanya, saat ini memenuhi ketentuan pemerintah.

Zulhendri mengatakan, berdasarkan survei kebutuhan taksi di Batam mencapai 3.000 unit. Sedangkan saat ini yang ada baru sekitar 2.300 unit yang dikelola 20 operator.

Dalam waktu dekat, kata dia, akan diisi taksi Blue Bird yang semua izinnya sudah dikeluarkan Pemerintah Kota Batam.

"Untuk tahap awal akan ada 300 taksi yang beroperasi secara bertahap. Semua izin sudah keluar, tinggal menunggu armadanya saja," kata dia.

Ia mengatakan, awalnya ada lima perusahaan taksi yang ingin masuk ke Batam, namun setelah diseleksi hanya Blue Bird yang memenuhi syarat yang ditentukan Pemerintah Kota Batam.


Sumber : MetroNews

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Game Online

Taxi Truck

Play free Games - a game from Driving | Racing Games