Jumat, 22 Juni 2012

Armada Taksi Ibu Kota Perlu Peremajaan

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Udar Pristono

Jumlah taksi yang beredar di Indonesia sudah cukup memadai. Meski demikian, banyak di antaranya dinilai tidak layak beroperasi. Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Udar Pristono kepada wartawan di Jakarta, Kamis (21/6/2012), menegaskan pihaknya akan melakukan pengawasan yang lebih ketat terhadap taksi-taksi yang beroperasi di Jakarta.

"Armada taksi yang sudah tidak layak harus segera diremajakan. Kita selalu mengadakan operasi untuk taksi yang tidak layak jalan, apalagi sopir tembak," ujar Udar Pristono.

Ditambahkan olehnya, peremajaan akan berpengaruh terhadap tingkat keselamatan para pengguna jasa transportasi tersebut. Selain itu, beroperasinya taksi-taksi tak layak hanya menambah tingkat kemacetan di Jakarta.

"Kalau bodinya saja sudah 'korengan' mana ada yang mau naik. Jika perusahaan yang baik, sudah pasti segera meremajakan karena otomatis akan meningkatkan pendapatan," ujar Pristono.

Ia memuji langkah perusahaan taksi yang berani mengembangkan taksi kelas premium berukuran besar. Pristono menilai penggunaan kendaraan dengan daya angkut lebih besar atau jumlah kursi lebih banyak akan berpengaruh terhadap penggunaan kendaraan pribadi dan lebih jauh pada kemacetan.

"Kan yang menggunakan taksi premium kebanyakan punya kendaraan pribadi. Nah kalau mereka kolektif naik taksinya, sudah pasti penggunaan kendaraan pribadi dijalan berkurang," katanya.

Apalagi, lanjut Pristono, perusahaan taksi seharusnya bisa memberikan rasa aman, nyaman, dan ketepatan. Dengan layanan yang kian profesional, ia meyakini akan lebih banyak orang yang menggunakan jasa taksi untuk kebutuhan bisnis, kerja, rekreasi, maupun personal.

"Sekarang baru beberapa perusahaan yang mempunyai armada dengan fasilitas pendukung canggih, seperti GPS dan alat pemanggil digital. Mudah-mudahan kedepannya akan lebih banyak lagi," harap Pristono.

Saat ini jumlah armada taksi yang beredar di jalanan Jakarta sekitar 27 ribu unit. Ia memastikan tidak akan ada penambahan armada maupun unit taksi. Yang patut dilakukan adalah peremajaan atas kendaraan yang tak layak operasi. 
 
 
 
Sumber : Kompas
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Game Online

Taxi Truck

Play free Games - a game from Driving | Racing Games