Kamis, 07 Juni 2012

Nissan Leaf Dijadikan Taksi Proyek Percontohan Di Brasil

Sosok Leaf jadi taksi di Sao Paulo, Brasil

Pemerintah Kota Sao Paulo bekerjasama dengan Renault-Nissan, AES Eletropaulo (perusahaan listrik) dan Asosiasi Armada Taksi Sao Paulo (Adetax) mulai mengoperasikan dua unit Nissan Leaf yang dijadikan taksi sebagai proyek percontohan. Langkah ini merupakan realisasi nota kesepahaman yang ditandatangani ketiga pihak, Juni tahun lalu. Isinya, berupa pemakaian mobil listrik murni di ibukota negara.

Kedua taksi Leaf akan beroperasi di  jalan-jalan tertentu di Sao Paolo. Setiap konsumen yang mau merasakan sensasi mobil listrik, bisa langsung menggunakan moda transportasi ini seperti taksi umum lain.

Taksi tersebut dikendarai pengemudi profesional yang mengetahui kebutuhan mobilitas kaum urban di Ibukota Brasil ini. Sehingga, konsumen juga bisa mengetahui informasi kelebihan penggunaan mobil listrik dari si pengemudi. Setelah satu semester, jumlah Leaf yang dioperasikan akan ditambah delapan unit lagi sehingga total 10 unit.

Dalam pengoperasiannya, telah disiapkan 15 titik pengisian baterai, lima di antaranya punya kemampuan "charging" cepat, butuh waktu 30 menit dari kosong sampai penuh,  yang disiapkan AES Eletropaulo. 

"Ini merupakan kontribusi kami dalam pengembangan lingkungan bagi masyarakat. Melalui inovasi dan teknologi, kami bisa memberikan pengaruh baik pada lingkungan dan populasi," beber Britaldo Smith, President Energy Company AES Brasil.

Dari seluruh persiapan menunju moda transportasi yang ramah lingkungan di atas, sayang Pemerintah Sao Paulo tidak menjelaskan lebih lanjut salah satu yang paling dibutuhkan konsumen. Berapa argo yang harus dibayar waktu buka pintu?


Sumber : Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Game Online

Taxi Truck

Play free Games - a game from Driving | Racing Games